Soal Neymar, Ferdinand: Sepakbola Kini Berubah Jadi Ladang Bisnis

Kompasku – Berita Bola : Legenda Manchester United Rio Ferdinand menyebut kepindahan Neymar dari Barcelona ke PSG musim panas ini tak lepas dari berubahnya sepakbola dari sekedar olahraga menjadi sebuah lahan untuk bisnis. Musim panas ini, Neymar membuat keputusan mengejutkan. Ia memilih untuk pindah dari salah satu tim terbaik di muka dunia saat ini, Barcelona.

Pemain asal Brasil tersebut pindah karena ingin mencari tantangan baru. Pada akhirnya pemain berusia 25 tahun tersebut memilih untuk begabung dengan PSG.Kepindahan itu sendiri tidak mudah ataupun murah. Sebab jika ada yang berminat terhadap Neymar, mereka harus mengaktifkana klausul rilisnya yang bernilai 222 juta Euro atau sekitar 200 juta Pounds.

Ferdinand pun menanggapi transfer yang mencengangkan tersebut. Eks bek timnas Inggris ini menyebut sepakbola sekarang telah berubah menjadi ladang bisnis.

“Ia sudah pergi, mengemasi tasnya dan berangkat ke Paris, kota penuh cinta. Saya bisa mengerti itu. Memenangkan semua yang Anda bisa dapatkan di Barcelona, ‚Äč‚Äčingin menemukan tantangan baru. Juga, ada sedikit uang yang terlibat, sedikit saja. Permainan itu sekarang jadi bisnis,” cetusnya saat berbicara di Present FIVE di kanal Youtube miliknya.

“Ketika itu berhubungan dengan apapun dalam sepakbola, hal itu sekarang menjadi bisnis. Klub sepakbola seperti itu, jadi para pemainnya persis sama dan seperti itulah jalan dunia sekarang, sekarang berubah. Permainan berubah dan kita harus bergerak seiring perkembangan zaman,” tuturnya.

“Terkadang Anda mungkin tidak menyukainya, romansa dalam pertandingan – orang-orang selalu memikirkannya, tapi apakah benar seperti itu lagi? Tidak. PSG dan Neymar telah membuat keputusan komersial. Secara finansial itu bagus untuk Neymar dan keluarganya. Ia menghasilkan uang Tiongkok itu di Eropa – kesepakatan 196 juta Pounds – tidak dapat dipercaya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *