Final Coppa Italia : Juventus Taklukkan AC Milan 4-0

Juventus berhasil menang telak atas AC Milan dengan skor akhir 4-0 pada pertandingan Coppa Italia yang digelar hari Kamis (10/5/2018) di Stadio Olimpico Roma. Duel dua tim raksasa ini berlangsung sangat ketat, namun sayang Milan tetap tak bisa membendung kekuatan tim asuhan Max Allegri. Di babak pertama, kedua tim bertanding dengan ketat. Sayangnya memasuki babak kedua, AC Milan mulai kehilangan konsentrasi sehingga gawang mereka berhasil dibobol oleh lawan dan akhirnya Juve berhasil menang setelah mencetak empat gol termasuk gol bunuh diri dari Nikola Kalinic.

Review jalannya pertandingan
Awal babak pertama dihiasi dengan kedua tim yang masing-masing berusaha mendominasi jalannya pertandingan. Strategi sangat hati-hati kelihatan begitu dijalankan dengan minimnya jumlah pemain yang dipasang ke depan pada permulaan laga. Milan pun mendapatkan kesempatan emas pertama melalui kerjasama antara Cutrone dan Calhanoglu. Tetapi aksi mereka masih berhasil digagalkan oleh Buffon. Juventus melakukan balasan lewat Costa, namun Donnarumma juga tampil baik dan sukses menjaga gawangnya. Di menit-menit selanjutnya pertandingan makin panas, intensitas serangan pun perlahan naik. Banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mencetak gol bagi masing-masing tim. Sayangnya di babak pertama belum ada yang betul-betul menjebol gawang musuhnya.

Babak kedua berlangsung dengan gebrakan dari AC Milan. Bonaventura hanya memerlukan sentuhan kecil untuk mengubah peluang emas yang ada menjadi gol pertama bagi timnya. Namun tidak ada rekan lain yang berada dekat gawang Buffon untuk bisa membantu Bonaventura memanfaatkan kesempatan itu menjadi gol pertama. Juve pun justru dapat memperoleh skor pertama di babak kedua pada menit ke-56 dari sundulan kuat dan keras Mehdi Benatia. Berawal dari sepak pojok Miralem Pjanic, Benatia langsung melakukan sundulan ke arah gawang, sementara Donnarumma hanya mampu pasrah melihat gawangnya dijebol. Tak berselang lama, 5 menit kemudian, gawang Milan kembali dibobol oleh Juve berkat tendangan Douglas Costa. Juan Cuadrado melakukan umpan mantap ke arah Costa di luar kotak penalti yang langsung diterima Costa. Bola pun ditembakkan ke gawang Donnarumma yang gagal ditampik.

Entah apa yang membuat performa sang kiper Milan nampak begitu lemah di babak kedua. Pasalnya Donnarumma kembali melakukan kesalahan saat mencoba menangkap bola sundulan dari Mario Mandzukic. Bola yang terlepas lalu disambar oleh Benatia sehingga skor pun berubah jadi 3-0. Tidak berhenti sampai di situ, Milan tampaknya memang benar-benar sedang mengalami hari buruk akibat terjadi gol bunuh diri yang dilakukan Nikola Kalinic. Tendangan sudut dari Pjanic telah salah diantisipasi oleh Kalinic yang justru melakukan sundulan ke gawang timnya sendiri. Alih-alih menjaga gawang AC Milan, bola yang disundul malah masuk dan menjebol gawang Donnarumma untuk keempat kalinya. Laga ini pun diakhiri dengan kemenangan telak dari Juventus dengan skor 4-0 dan otomatis mereka berhasil memperoleh gelar juara Coppa Italia ke-13. Ini merupakan gelar keempat beruntun-runtun Juve.
Gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura menyebut bahwa kekalahan skuadnya saat melawan Juventus terjadi karena adanya perbedaan kualitas diantara kedua tim.

Juventus telah jadi penantang untuk Scudetto, Coppa Italia dan Liga Champions selama bertahun-tahun, sementara tim kami benar-benar dibentuk tahun ini. Juve punya Gonzalo Higuain dan Claudio Marchisio di bangku cadangan dan hal itu mengatakan semua (soal adanya perbedaan kualitas antara kedua tim),” ucapnya seperti dilansir dari Rai Sport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *