FA Cup: Chelsea Jadi Juara Setelah Taklukkan Manchester United 1-0

Akhirnya Chelsea menjadi juara FA Cup setelah berhasil mengalahkan MU dengan skor kemenangan 1-0. Laga final dilangsungkan di Wembley tepatnya pada hari Sabtu (19/5/2018) WIB. Ini adalah gelar juara FA Cup yang kedelapan kalinya bagi tim asuhan Antonio Conte itu. Kemenangan tersebut didapat berkat gol tunggal dari tendangan penalti keras Eden Hazard yang didapatnya pada babak pertama. Pertandingan berlangsung sengit sejak menit-menit awal dan pada menit ke-9, Eden Hazard yang berada di kotak penalti MU melakukan sepakan keras menuju ke arah gawang. Sayangnya David De Gea masih berhasil menepis usaha dari pemain asal Belgia itu.
Di menit ke-15, Bakayoko meminta wasit untuk memberikannya tendangan penalti akibat kontak dengan Nemanja Matic. Namun permintaan tersebut tidak dikabulkan.
Akhirnya Chelsea mendapatkan gol tunggal di menit ke-21. Saat itu Phil Jones menjatuhkan Eden Hazard tepat saat dirinya sudah berada di dalam kotak telarang. Hazard menjadi eksekutor untuk memasukkan bola ke gawang MU. Tendangannya berhasil menembus pertahanan David De Gea dan skor 1-0 tercatat untuk keunggulan The Blues.

Manchester United gencar memberikan serangan balasan, pada menit ke-32 bahkan Paul Pogba memperoleh kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Tapi sepakannya masih melenceng dari gawang dan gagal. Lagi-lagi Chelsea mendapatkan peluang bagus di menit ke-35 melalui tendangan bebas di area pertahanan MU. Cesc Fabregas menjadi bintang yang melakukan tendangan bebas tersebut. Akan tetapi terjangan bolanya justru membentur pagar betis yang dibuat oleh para pemain Setan Merah.
Tak mau ketinggalan, MU masih saja terus menyerang di menit-menit terakhir sebelum babak pertama usai. Namun, hingga peluit istirahat turun minum dibunyikan, skor masih tetap bertahan 1-0 atas Chelsea.

Memasuki babak kedua, Manchester United mendominasi jalannya pertandingan. Pada menit ke-60, Nemanja Matic mendapatkan kesempatan baik untuk mencetak skor bagi timnya. Tembakannya malah melenceng dari gawang yang dijaga oleh Thibaut Courtois. Tampaknya dewi fortuna benar-benar sedang tidak berada di pihak MU. Pasalnya tiga menit berselang, tim asuhan Mourinho tersebut sukses mencetak gol untuk pertama kalinya pada laga ini. Gol dilakukan oleh Alexis Sanchez langsung ke gawang Chelsea. Namun wasit tidak menghitungnya sebagai gol karena Alexis terjebal offside sebelumnya.

Marcos Alonso mendapatkan kesempatan untuk menambah keunggulan di menit ke-70. Satu lawan satu antara Alonso dan David De Gea pun terjadi. Sayang tembakan pemain asal Spanyol itu berhasil digagalkan oleh sang penjaga gawang. Sesudah itu giliran Gary Cahill yang seharusnya bisa mencetak angka. Fabregas yang memberikan umpan ke Cahill melalui sepak pojok yang dilakukannya menuju ke arah gawang. Tapi sundulan bek Chelsea tersebut belum maksimal dan tak tetap sasaran.
Nemanja Matic melakukan tendangan jarah jauh yang kuat pada menit ke-80 yang digagalkan oleh Thibaut Courtois. Alhasil percobaan MU itu hanya menghasilkan sepakan pojok yang dimanfaatkan oleh Anthony Martial. Namun Pogba masih gagal mengoversinya menjadi sebuah gol karena sundulannya melebar.
Menit-menit sebelum pertandingan selesai, MU masih terus berjuang untuk paling tidak menciptakan satu gol. Tetapi usaha mereka tetap sia-sia dan tidak membuahkan hasil hingga wasit memberikan tanda laga telah usai. Dan skor tetap sama 1-0 untuk kemenangan telak dari Chelsea yang berhasil merebut trofi FA Cup. Kekalahan MU ini pastinya membuat para penggemar Setan Merah kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *