Tanpa Messi, Barcelona Telan Kekalahan Setelah Dihabisi Levante 5-4

Tim raksasa Barcelona tidak jadi mengakhiri musim dengan tak terkalahkan usai tumbang di hadapan Levante dengan skor akhir 5-4. Pertandingan lanjutan La Liga jornada 37 yang diadakan di Estadio Ciudad de Valencia pada Senin (14/5/2018) dini hari WIB tersebut dihiasi dengan laga yang berlangsung panas. Barcelona bertanding tanpa Messi kali ini, sementara tim lawan mengandalkan Emmanuel Boateng yang menjadi bintang lantaran berhasil menjebol gawang FCB dengan 3 gol sekaligus. Selain hat-trick yang disumbangkan oleh pemain asal Ghana tersebut, 2 gol lainnya dilakukan oleh Enis Bardhi. Dengan 5 gol ini otomatis Levante menang telak melawan Barca yang hanya bisa menyeimbanginya dengan 4 gol. Philippe Coutinho menyumbangkan 3 gol sendiri, sementara 1 gol lainnya berhasil dicetak oleh Luis Suarez dari tendangan penalti.

Review jalannya pertandingan
Di menit-menit awal, laga sudah berlangsung seru karena kedua tim sama-sama tidak ingin mengalah dan langsung saling serang. Akhirnya tim tuan rumah pun berhasil menjebol gawang Barca pada menit ke-9 setelah mendapatkan umpan dari Jose Luis Morales. Tidak berlangsung lama, keunggulan Levante kembali bertambah menjadi 2-0 dan sekali lagi gol sukses diberikan oleh Boateng yang dengan gesit melewati pertahanan Marc-Andre Ter Stegen dan Nelson Semedo. Tak mau tertinggal jauh, akhirnya Barcelona mulai melakukan serangan balasan pada menit ke-38. Coutinho yang berperan besar kali ini setelah mencetak gol dan memperkecil skor menjadi 1-2.

Tembakan keras diluncurkan oleh pemain berusia 25 tahun itu langsung ke gawang yang sayangnya sempat membentur badan pemain lain. Namun, hal ini justru membuat bola mengarah mantap ke gawang Oier Olazabal yang tidak sempat ia tangkis. Pertandingan babak pertama usai dengan keunggulan Levante lewat skor 2-1. Satu menit sesaat setelah masuk ke babak dua, Levante lagi-lagi memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Gol dicetak oleh Bardhi yang sigap memanfaatkan assist dari rekannya, Jose Campana.

Tiga menit berselang, Boateng kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan hat-trick. Ter Stegen pun tak mampu berkutik setelah gawangnya dibobol sampai empat kali dan Levante pun memimpin lewat skor 4-1.
Nampaknya tuan rumah benar-benar ingin tampil secara maksimal di kandang. Pasalnya tak puas dengan keunggulan skor 4-1, Levante kembali memasukkan gol ke gawang Blaugrana dan lagi-lagi berkat tendangan Bardhi pada menit ke-56. Skor pun jadi 5-1 dengan keberuntungan berpihak pada tim Levante.

Meskipun sudah tertinggal cukup jauh, Barcelona tidak mau menyerah begitu saja. Coutinho tampil cemerlang dengan menjebloskan bola ke gawang lawan pada menit ke-59. Gol ini berhasil memperkecil jarak antara kedua tim menjadi 5-2. Tak puas, Coutinho kembali mencetak hat-trick pada menit ke-64. Memasuki menit ke-70, terjadi insiden yang membuat Barcelona dihadiahi tendangan penalti. Boateng dianggap dianggap melanggar Sergio Busquets di kotak terlarang. Tembakan penalti pun dilakukan oleh Suarez yang menjadi algojo dan dengan cemerlang menjalankan tugasnya secara sempurna. Jarak skor pun makin kecil menjadi 5-4.

Di menit-menit terakhir, pertandingan semakin memanas. Barcelona yang hanya ketinggalan 1 skor saja nampak semakin gencar memberikan serangan. Tim yang saat itu tampil tanpa Messi berusaha memaksakan hasil imbang. Sayangnya segala upaya yang dilakukan pun percuma sebab skor tetap bertahan 5-4 sampai peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain Barcelona vs Levante
Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Yerry Mina, Vermaelen (Pique 31′), Jordi Alba, Busquets, Rakitic, Iniesta (Denis Suarez 60′), Dembele (Alcacer 60′), Coutinho, Luis Suarez.
Levante: Oier; Coke, Rober Pier, Postigo, Luna; Lukic, Campana, Morales (Rochina 85′), Bardhi; Roger (Lerma 69′), Boateng (Pazzini 77′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *