Sukses Kalahkan Brasil, Pelatih Belgia Sebut Pemainnya Sebagai Pahlawan

Sukses Kalahkan Brasil, Pelatih Belgia Sebut Pemainnya Sebagai Pahlawan

Belgia sukses menang kala berlaga dengan salah satu timnas raksasa yang diunggulkan juara Piala Dunia, Brasil pada hari Sabtu (7/7/2018) dini hari pukul 01.00 WIB. Skor akhir 2-1 membawa Belgia masuk ke semifinal dan dijadwalkan akan bertemu Prancis nantinya. Hal ini langsung membuat sang pelatih, Roberto Martinez, menganggap bahwa anak asuhnya pantas disebut sebagai pahlawan Negara.

Belgia memang tampil gemilang di babak perempat final ini saat berduel dengan tim asuhan Tite. Tidak tanggung-tanggung, mereka berhasil menjebloskan bola ke gawang Brasil pada babak pertama. Gol pertama berawal dari sepak pojok yang diterima oleh sundulan Vincent Kompany dan bola melambung malah mengenai siku Fernandinho dan meluncur mulus ke gawang Brasil. Hal ini membuat keunggulan skor pertama bagi Belgia.

Sementara gol kedua dicatat oleh Kevin de Bruyne lewat aksi serangan balik. Belgia yang terus menerus mendapatkan tekanan di sektor pertahanan tak menyangkan dapat peluang emas untuk mencetak gol kala Brasil berkutat ingin memasukkan bola ke gawang lawan, namun gagal. Saat itu bola yang ditepis oleh Fellaini malah diterima oleh Romero Lukaku yang melakukan serangan balik dengan kecepatan lari kilat. Bola lalu dioperkan ke Kevin de Bruyne yang berada tak jauh dari kotak penalti. Dan bola yang diterima disambut oleh tendangan kuat yang berhasil mengoyak gawang Alisson. Skor 0-2 pun terjadi dan tetap bertahan hingga istirahat turun minum.

Meskipun mendapat ancaman terus menerus dari Brasil hingga timnas Samba mampu mencetak 1 gol di babak kedua, tapi rupanya pertahanan Belgia tak mampu diruntuhkan dengan mudah. Wasit pun meniup peluit panjang yang menandakan mereka berhasil lolos sampai ke semifinal. Inilah yang membuat Roberto Martinez merasa bangga sekali dengan para pemain dari skuat yang diasuhnya. Menurutnya, para pemain tersebut layak mendapatkan sebutan pahlawan bagi Negara Belgia. Apalagi berhasil mengalahkan tim Samba yang notabene merupakan salah satu timnas raksasa dari Amerika Selatan.

“Mereka (pemain Belgia) tampil sangat hebat. Ada semangat yang begitu luar biasa. Saya berpikir tidak sedikit pun mereka ingin menyerah. Anda harus terima kalau Brasil mempunyai sangat banyak kualitas dan kemampuan. Mereka dapat menghancurkan Anda, tapi kami tak pasrah. Tak 1 menit mau menyerah,” kata Martinez.

“Para pemain ini layak dijuluki sebagai pahlawan. Melaksanakan taktik yang begitu luar biasa. Ini spesial. Kami tak boleh mengecewakan rakyat. Kita bisa menceritakan ini ke anak cucu kami bahwa kami telah mengalahkan Brasil,” tambahnya.

Belgia sudah dipastikan lolos ke babak 4 besar dan akan berhadapan dengan Prancis di Saint Petersburg pada hari Selasa. Jika lolos ke final Piala Dunia, tentunya hal ini akan jadi catatan bersejarah bagi Negara mereka. Memang skuat yang ada di tahun ini dijuluki sebagai ‘generasi emas’. Meskipun mereka sempat kalah kala berlaga pada 2 perempat final ajang besar lainnya, seperti saat berhadapan dengan Argentina 4 tahun lalu serta saat bertanding dengan Wales pada Euro 2016.

Untungnya kini Belgia dapat tampil cemerlang dan mematahkan semua catatan buruk itu dengan mengalahkan Brasil dan melaju ke semifinal. Ini menjadi prestasi terbaik yang dapat menyamai catatan Belgia sebelumnya kala mereka pernah mencapai semifinal di Piala Dunia 1986. Jika mereka bisa ke partai puncak, tentu timnas ini akan melebihi rekor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *