Siapa yang Pemain Terbaik Dunia? Lionel Messi vs Ronaldo

Siapa yang Pemain Terbaik Dunia? Messi vs Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan dua pemain terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut tak perlu diragukan lagi. Karena hal inilah keduanya sering dibanding-bandingkan bahkan disebut sebagai rival abadi. Belum lagi mereka tergabung ke dalam dua tim raksasa Barcelona dan Real Madrid yang juga memiliki sejarah persaingan panjang. Sayangnya kedua pemain ini juga masih belum mampu mempersembahkan trofi Piala Dunia bagi Negara masing-masing. Dan hal itulah yang menjadi ganjalan baik bagi Messi maupun Ronaldo.

Karena itulah menjelang ajang Piala Dunia 2018 yang akan digelar sebentar lagi, salah satu stasiun televisi yaitu History mencoba mencari tahu siapa diantara Messi dan Ronaldo yang merupakan pemain terbaik. Caranya adalah mereka meminta pendapat 4 orang mantan pemain sepak bola profesional untuk menilai penampilan dua mega bintang ini. Empat orang tersebut tak lain adalah: , Gianfranco Zola, Ryan Giggs, Gary Lineker dan Jermaine Jenas.

Messi vs Ronaldo dilihat dari berbagai sisi
Ada hal-hal yang menjadi elemen penilaian yang harus dinilai oleh empat orang pemain bola ini, seperti:
1. Skill
Secara mengejutkan keempat pemain lebih memilih Messi dalam hal skill yang bagus jika dibandingkan dengan Ronaldo. Bahkan mantan rekan satu tim Ronaldo, Ryan Giggs lebih memilih Messi ketimbang pemain berdarah Portugal tersebut. Alasannya?
“Ronaldo mempunyai lebih banyak trik terutama di awal karier. Namun kalau soal skill dan melepaskan diri dari kepungan para pemain serta men-dribble bola di dekat kaki, saya akan sebut Messi bisa melakukannya dengan lebih baik,” Giggs menjelaskan.

2. Gol
Baik Messi maupun Ronaldo dianggap sama-sama memberikan banyak gol, tapi karena Ronaldo lebih banyak mencetak angka lewat gol sundulan maka Ronaldo dianggap jauh lebih unggul ketimbang Messi oleh semuanya.

3. Set Piece
Tiga orang pemain memilih Messi sebagai eksekutor bola mati yang lebih baik daripada Ronaldo. Namun Giggs lebih memilih mantan rekan Manchester United-nya dengan alasan bahwa dia sudah melihat kerja keras yang dilakukan Ronaldo selama sesi latihan. Di sisi lain, Lineker dengan tegas mengutarakan perbedaan pendapat.
“Messi akan selalu menang dalam hal ini,” ucap Lineker.

4. Team player
Di kategori ini, keempat pemain sama-sama memilih Messi termasuk Giggs. “Ini gampang buat saya. Saya akan pilih Messi,” tegas Jenas. “Saya juga akan memilih Messi. Meski Cristiano adalah pemain yang baik ketika bertahan dari tendangan bebas,” kata Giggs.

5. Big Moments
Untuk elemen penilaian ini keempat pemain merasa kesulitan dalam memutuskan siapa yang terunggul. Tapi akhirnya Ronaldo mendapatkan mayoritas suara dibandingkan Messi karena Ronaldo sudah menjadi juara Eropa di dua Negara.

6. Legenda
Pertanyaan satu ini amatlah penting. Pasalnya mereka diharuskan memilih siapakah diantara dua pemain yang akan meninggalkan warisan lebih besar. Tiga orang memilih Messi, sementara hanya satu pemain yaitu Giggs yang membela Ronaldo. “Di tiap laga yang kalian lihat, bahkan kalau dia (Lionel Messi) tak memainkan pertandingan terbaiknya, tapi dia tetap akan melakukan 4 atau 5 hal di tiap pertandingan yang bahkan tak mampu saya perbuat di sepanjang karir saya,” kata Lineker.

“Saya tak bisa mengalahkan itu, bukan? Namun untuk makna yang dibawa kepada fans Manchester United, maka saya akan pilih Ronaldo,” respon Giggs. Jadi bagaimana menurut pendapat Anda masing-masing melalui pendapat dan penilaian yang dilakukan para pemain bola di atas? Skor akhir di tangan Anda mengenai siapa yang pantas mendapat julukan pemain terbaik di dunia, Messi atau C. Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *