Pendapat Iniesta Soal Piala Dunia Terakhirnya

Pendapat Iniesta Soal Piala Dunia Terakhirnya

Andres Iniesta akan menjalani Piala Dunia terakhirnya tahun ini bersama tim nasional Spanyol. Hal ini mengingat usia eks Barcelona itu yang sudah menginjak 34 tahun. Iniesta diperkirakan tidak akan bisa menikmati lagi ajang ini di masa mendatang. Iniesta sendiri dikenal sebagai pahlawan Spanyol ketika dia sukses mencetak gol ke gawang timnas Belanda dalam ajang Piala Dunia 2010. Kala itu pertandingan diadakan di Afrika Selatan. Itu merupakan trofi kemenangan Piala Dunia yang pertama bagi Spanyol.

Dia juga mengaku begitu bangga sudah membantu negaranya memenangkan pagelaran bergengsi ini. Akan tetapi, rasa kemenangan tersebut mungkin sudah tak bisa lagi dikecap oleh Iniesta ketika dia terpaksa harus mengundurkan diri membela timnasnya. Iniesta sendiri telah menegaskan bahwa Piala Dunia tahun ini merupakan yang terakhir bagi dirinya. Tapi dia juga tak mau menutup kemungkinan kembali ke tim Spanyol setelah ajang Piala Dunia 2018 nanti.

Piala Dunia 2018 akan jadi pengalaman yang spesial
Bagi Iniesta, Piala Dunia tahun ini akan jadi ajang yang paling spesial bagi dirinya. “Ini merupakan Piala Dunia terakhir saya yang membuatnya spesial dan berbeda,” Iniesta mengaku.
Meskipun ini merupakan laga terakhir Iniesta di Piala Dunia, tapi dirinya berusaha untuk menganggap bahwa ajang tersebut adalah yang pertama kali dijalaninya. Ini adalah kiat sukses Iniesta agar bisa tampil secara apik selama pertandingan.

“Saya coba untuk tak memikirkan kalau ini adalah Piala Dunia yang terakhir, namun menghadapinya seolah ini yang pertama atau sebagai tantangan yang sangat menarik,” tambahnya.
Iniesta juga mengaku bahwa dirinya juga tak pernah merasa lelah saat harus mengucapkan salam perpisahan. Seperti yang baru saja dilakukannya beberapa pekan lalu ketika dia harus berpisah dengan rekan-rekannya yang ada di Barcelona. “Saya tak pernah lelah menyampaikan salam perpisahan, saya mencoba menikmati tiap moment. Saya mencoba untuk merasakannya sebab setelah sekian lama, selalu menarik untuk menjalani moment seperti ini,” ucap Iniesta.

Piala Dunia ini mungkin bukan yang terakhir untuk Iniesta
Andres Iniesta memang tak ingin membuang kemungkinan bahwa dirinya akan meneruskan karier di timnas Spanyol. Meski dia nanti akan susah mendapatkan kesempatan karena harus bermain di luar Eropa. Pemain berusia 34 tahun itu sudah dipastikan akan membela klub asal Jepang, Vissel Kobe, setelah bermain di ajang ini nanti. Banyak pihak termasuk sang pemain kalau tahun ini di Rusia akan jadi yang terakhir bagi Iniesta.

Akan tetapi, Iniesta berkata bahwa ia tidak mau menutup kemungkinan akan tetap membela timnas Spanyol dalam ajang bergengsi lainnya. Sebut saja Euro 2020 yang merupakan salah satu kompetisi mayor bergengsi selain Piala Dunia. “Mungkin akan jadi penampilan saya yang terakhir, namun setelah selesai, semua hal akan dianalisis lagi. Saya akan memulai di Jepang dan kita akan lihat situasi,” jelas Iniesta.

Iniesta juga mengakui bahwa mungkin kesempatannya untuk bermain di timnas Spanyol akan semakin sulit sebab dia sudah tak bermain lagi untuk Barca. Tapi ia berjanji akan selalu siap kalau memang dipanggil. Dia juga rela seandainya tak dipanggil asalkan timnas Spanyol dapat bermain dengan lebih baik karena yang terpenting adalah kesuksesan timnasnya. “Apabila saya dipanggil, itu karena apa yang dapat saya berikan pada tim dan bukan karena apa yang pernah saya lakukan di masa lalu. Asalkan jika saya siap.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *