Inggris Ternyata Lebih Mewaspadai Swedia Daripada Brasil

Inggris Ternyata Lebih Mewaspadai Swedia Daripada Brasil

Inggris memang tampil cemerlang baik pada babak penyisihan grup G maupun saat mereka berlaga di 16 besar. Walau sempat dikalahkan oleh Belgia, tapi performa para pemain senior dan muda The Three Lions patut diacungi jempol.

Dan kini dikabarkan bahwa timnas Inggris sebetulnya merasa lebih takut dan waspada terhadap Swedia dibandingkan dengan salah satu Negara favorit juara timnas Brasil. Inggris lebih memilih melawan Brasil daripada Swedia. Ketakutan tersebut bukan tanpa alasan sesuai dengan yang dijelaskan oleh eks pelatih Inggris.

Sven Goran Eriksson, mantan pelatih timnas Inggris, mengatakan bahwa dirinya sangat antusias menyambut perempat final Piala Dunia 2018. Dalam 8 besar ini, Inggris akan berjumpa dengan Swedia yang dijadwalkan pada hari Sabtu (8/7/2018) malam WIB. Dan menurut Eriksson, Inggris akan berjuang habis-habisan dalam laga penentuan ke semifinal tersebut.

Meskipun dirasa sangat susah untuk bertanding dengan timnas Swedia, namun Eriksson percaya bahwa skuat Tiga Singa akan mampu lolos ke babak semifinal. Tapi dia juga tak mau meremehkan kekuatan dari tim yang menang dari Swiss di perdelapan final itu. Bahkan Eriksson menilai bahwa Inggris akan lebih bisa menang mudah dari tim Samba daripada coba mengalahkan Swedia.

Kekuatan para pemain muda menjadi salah satu yang diandalkan saat ini di timnas Inggris. Memang benar rata-rata pemain yang diboyong oleh Gareth Southgate tersebut kebanyakan adalah pemain muda dengan beberapa pemain senior. Eriksson sendiri mengakui jika bahwa kekuatan para pemain muda ini merupakan salah satu hal yang patut untuk diperhitungkan. Akan tetapi, Eriksson memandang bahwa kekuatan Swedia makin hari makin mengganas terutama di bagian pertahanan yang sangat kuat untuk dijebol. Tim tersebut juga dirasa begitu kompak kala bertanding di lapangan.

“Kalau menurut saya secara pribadi, Timnas Inggris masih jauh lebih mudah mengalahkan Brasil daripada mencoba mengalahkan timnas Swedia,” kata Eriksson. “Swedia jadi tim yang sangat susah ditaklukkan di Piala Dunia saat ini. Pemain penyerang mereka dapat jadi pemain bertahan sekaligus ketika dibutuhkan dan mereka juga dapat bertahan di kotak mereka sendiri.”

Eriksson merasa terheran-heran dengan kekuatan fisik dari timnas Swedia yang dengan cekatan dapat melakukan serangan sekaligus membuat pertahanan yang kuat ketika memang waktunya untuk bertahan.

“Lihat saja ketika mereka berlari, bagaimana komitmen mereka waktu bertanding. Coba lihat kekuatan fisik mereka yang luar biasa,” tambahnya yang membuat dirinya merasa kebingungan untuk memilih Negara mana yang akan dijadikan tim favoritnya untuk menang di babak 8 besar antara Inggris vs Swedia nanti. Menurutnya Inggris tetap mampu lolos ke babak 4 besar.

“Inggris memiliki kesempatan yang besar untuk bisa lolos ke semifinal Piala Dunia. Namun siapa saja yang ada di dalam timnas Inggris merasa mereka akan memainkan laga yang mudah hari Sabtu besok maka mereka jelas telah salah besar! Bagi saya pertandingan tersebut akan jadi laga yang sangat sulit bagi mereka. Mereka dapat bertaruh mengenai hal ini. Otak saya aslinya lebih memilih timnas Inggris, namun hati saya justru lebih memilih Swedia.”

Inggris dan Swedia memang sama-sama merupakan timnas yang kini patut diperhitungkan setelah mereka menunjukkan performa yang bagus di babak penyisihan grup serta perdelapan final yang lalu. Swedia sendiri berada di peringkat pertama grup F dengan mengumpulkan 6 poin pertandingan. Memang kekuatannya tak bisa dipandang sebelah mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *